Home » , » Mengatasi BSOD IRQL_NOT_LESS_EQUAL Windows 8

Mengatasi BSOD IRQL_NOT_LESS_EQUAL Windows 8

Written By Unknown on June 14, 2013 | 5:05 PM

Sekitar seminggu yang lalu laptop saya terkena virus yang menyerang file berektensi .exe. Tak mau pusing reinstall satu persatu software dan aplikasi, saya memutuskan untuk melakukan install ulang laptop saya. Pada awalnya saya melakukan install ulang dengan media USB. Tapi ternyata sama sekali tidak bisa masuk kedesktop, setelah loading windows muncul BSOD dengan code IRQL_NOT_LESS_EQUAL. Tidak bisa masuk dengan safe mode, command prompt atau pun yang lainnya. Di repair pun sama saja hasilnya. Tak menyerah sampai disitu, Lalu saya mencoba melakukan install dengan media DVD. Namun hasilnya tetap sama saja.

Googling kesana kemari mencari solusi, informasi yang saya dapatkan melaui google, ada masalah driver untuk type laptop saya, yaitu tipe acer aspir V5-431, tepatnya driver ahci dan wlan. Banyak yang mengalami masalah BSOD sama seperti saya, Mencoba satu persatu solusi namun nihil hasilnya. :(

Setelah mentok tidak ada solusi, akhirnya saya melakukan downgrade ke OS windows 7. Bisa terinstall dengan sempurna tanpa masalah. berarti masalahnya driver yang incompatible dengan windows 8. Maklum namanya juga mau menghemat pengeluaran, saya tetap bertekad tidak akan ke service center untuk melakukan install windows 8.

Sampai pada suatu hari saya menemukan tools yang bernama windows download integrator. Silahkan klik untuk mendownloadnya.



Features

  • Integrate multiple language packs, updates, drivers, serials, certificates, setup images and registry tweaks
  • Convert multiple language packs (exe to cab, Folder to cab)
  • Convert MSU to CAB
  • Download language packs (Windows Vista, Windows 7, Windows 8)
  • Download windows updates (McRip - Windows 7, Windows 8)
  • Download office updates (McRip - 2010, 2013)
  • Convert Windows 8 Professional to ProfessionalWMC
  • Enable/Disable features (offline)
  • Download Windows Updates (Microsoft)
  • Download Windows 7 SP1 ISO's
  • Integrate Windows Service Packs
  • Create Autounattend.xml
  • Backup Drivers
  • Remove Windows Components (offline)
  • Remove multiple languages
  • Add own setup images
  • Rebuild boot.wim
  • Rebuild install.wim
  • USB Tool
  • Create bootable USB
  • Create ISO
  • Create AIO

Jadi fungsi tools ini bisa melakukan customize pada installer windows 8. Bisa meintegrasikan update windows, language pack dan menambahkan driver terupdate.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari driver terbaru dari laptop saya yang support dengan windows 8. Setelah download saya ekstrak.

Setelah itu saya mount ulang file .ISO installer windows 8 ke USB flashdisk. untuk lebih jelas lihat gambar dibawah


Setelah pilih file .iso nya klik open dan pilih folder dimana akan dimount. Saya melakukan mount kedalam USB flashdisc karena akan melakukan boot via USB. Tunggu hingga proses mount selesai.

Setelah proses mount selesai, ada beberapa pilihan, silahkan pilih add driver. Cari dimana driver yang telah didownload tadi. Hanya butuh file berekstensi .inf. Setiap driver biasanya ada 2 buah file berektensi .inf. Jika sudah ketemu pilih dan lanjutkan proses. Rebuild ulang installer dengan mengintegrasikan driver terbaru.

Rebuild sukses dan sekarang siap melakukan boot via USB untuk install windows 8. Pastikan merubah boot via USB diurutan paling atas pada setting bios untuk melakukan boot via USB.

Setelah mengintegrasikan driver yang compatible dengan windows 8, akhirnya laptop saya pun bisa kembali diinstall dengan windows 8. Semoga pengalaman  saya ini berguna bagu Pembaca yang mengalami masalah yang sama dengan saya.

Salam :)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts